Rabu, 11 Januari 2012

2 helai pakaian

              Kemeja putih lengan pendek dan rok abu-abu panjang itu tiba-tiba aja keliatan sama gw waktu gw lagi bongkar-bongkar lemari. Gw lagi milih-milihin baju mana yang masih kepake dan baju mana yang udah ngga kepake. Eh, tau-tau gw nemuin baju seragam SMA gw lagi. Gw bingung bajunya mau gw kasih orang atau gw simpen. Mau gw simpen tapi ngga bisa gw pake lagi, tapi mau gw kasih orang kayanya banyak kenangan-kenangan yang berharga.
              Gw jadi inget waktu hari pertama gw pake seragam putih abu-abu ini. Rasanya canggung, rasanya aneeeh banget. Pengen ketawa sendiri kalo lagi ngaca, tapi maunya ngaca terus (Ini antara excited sama norak. Gw aja ngga bisa bedain -_-). Tapi ada rasa bangga pake seragam itu, gw ngerasa udah dewasa. Soalnya dari dulu gw ngerasa kalo SMA adalah tingkatan tertinggi dari sekolahan. hahaha
              Gw dulu duduk sama cewek yang namanya Dewi. Dulu gw ngga kenal sama dia, dan tau-tau dia ngajak gw duduk bareng. Sempet takut sih, ngeliat ekspresinya yang datar + jutek waktu ngajak gw. Dulu gw bukan tipe orang yang berani nolak, jadi gw cuma bisa pasrah nerima permintaan si Dewi ini. Eh taunya, ini orang tuh asik banget. Agak-agak ngga waras, hahah. Tapi di depan dia justru gw bisa jadi diri gw sendiri. Gw bisa curhat apapun ke dia. Yang penting banget sampe yang sama sekali ngga penting. Dan yang paling gw suka dari dia itu, dia akan ngasih solusi yang bener-bener lo butuhin. Ngga perduli lo tersinggung atau ngga. Kalo menurut dia lo salah, ya berarti lo salah. Ngga ada ceritanya gw kehabisan obrolan sama dia, apa aja bisa jadi obrolan.
              Nah, selama gw kelas 1 SMA ini, gw ngga cuma temenan sama Dewi doang dong. Gw temenan sama semuanya, tapi gw lebih deket sama beberapa orang doang. Sama 3 orang lebih tepatnya. Sama Ivon, Dewi, Pina. Sama mereka gw bisa jadi gila segila-gilanya. Bisa ketawa sekenceng-kencengnya. Ngga tau gimana awalnya, tapi di kelas gw hampir semua muridnya suka banget main kartu. Kartu apaan aja mereka suka, mulai dari kartu UNO, kartu poker, sampe kartu gaple. Pernah ada 1 kejadian yang masih gw inget sampe sekarang. Tanggal 25 Mei 2009 tepatnya. Gw sama 3 manusia siluman ini juga doyan banget sama yang namanya main poker. Waktu itu lagi ada pelajaran S*si*logi, anggep aja nama gurunya pak Suparman. Emang ada temen gw yang ngga suka sama dia, gara-gara pak Suparman ini demen banget ngegodain dia. Pas lagi di tengah pelajaran, gw ngga tau setan apa yang masuk ke otaknya. Tau-tau dia bilang, "Lanjutin aja yuk mainnya". Emang waktu itu kalo ngga salah sebelum pelajaran pak Suparman, gw lagi main poker. Tapi karena si pak Suparman masuk, jadi di pause dulu deh mainnya.
             Gw sebagai anak super cupu yang penakut luar biasa cuma bisa ngomong "Hah?? Gimana caranya?" berharap kata-kata gw bisa bikin dia mendadak sadar. Ternyata ngga sodara-sodara, yang ada malah temen gw yang satu lagi ikutan ngomong, "Tutup aja pake buku, biar ngga keliatan.". Oke, ide ini skak mat banget buat gw. Dan begonya gw: gw bilang "oke..." *tepokjidat*. Akhirnya gw main sambil deg-degan luar biasa tapi tetep ngatur strategi biar menang. Kayanya si bapak nyadar sama kelakuan muridnya yang ngebelakangin dia (YAIYALAH, MENURUT LO?! -__-). Sambil takut-takut gw bilang, "Pin, kayanya bapaknya nyadar deh". Pina cuma bilang "Yaelah, santai aja dia doang..". Begonya lagi gw nurut dan ngelanjutin main kartu.
              "Pina..." tiba-tiba bapak itu manggil. Nah loh! Mati gw! "Coba kamu maju, berempat!". Haduh rasanya gw pengen bilang ke bapaknya "Ngga bisa pak, pantat saya nempel sama bangku", tapi karena ngga mungkin akhirnya gw maju sama 3 manusia-manusia setengah gila itu. "Kalian lagi ngapain?" tanya pak Suparman. "Nggak ngapa-ngapain pak." saut temen gw, polos. Mungkin dia berharap pak Suparman bakal bilang, "Oh, ngga ngapa-ngapain. Yaudah duduk aja lagi kalo gitu. Oh iya, bapak kasih uang jajan ya sekalian.". Dan sesuai sama akal fikiran yang jernih, ternyata bapaknya ngga ngomong gitu. Dia bilang "Tadi saya liat kalian lagi pada main kartu ya? Rian, coba ambil kartunya di meja mereka.".
              Si Rian nurut aja disuruh gitu, dan akhirnya kartunya ketemu. Dan ngga tau kenapa tiba-tiba Rian nemuin Juz'amma di kolong mejanya Dewi (Emang, abis pelajaran pak Suparman, abis itu pelajaran agama. Dan tugasnya hafalan beberapa surat pendek). Terus dia bilang, "Tadi tuh mereka lagi ngafalin ini pak", sambil nunjukin juz'amma. Mungkin maksudnya buat ngebelain gw sama temen-temen gw. Dan mungkin dia berharap kalo pak Suparman bakal ngira kalo gw sama temen-temen gw emang lagi ngafalin juz'amma dan kartu-kartu itu adalah hiasan meja yang lagi trend. Dan ngga disangka-sangka, pak Suparman malah ngamuk. Dia kira gw berempat lagi main judi sambil baca juz'amma. Agak absurd emang tuduhannya. -__-"
             Gw cuma bisa pasrah. Dia ngasih pilihan, orang tua kita dipanggil atau nulis surat pernyataan maaf. Ya jelas-jelas gw pilih nulis surat pernyataan lah! Orang normal mana yang lebih milih orang tuanya dipanggil?? Dan semuanya berakhir dengan happy ending, dan segunung rasa benci kami berempat sama pak Suparman itu. Agak aneh juga sih, gw yang ngelanggar peratutan malah gw yang marah.
             Dan tanggal itu masih jelas banget melekat di otak gw: 25 MEI 2009.. :)

3 komentar:

  1. ichaaaaaaaa gw ngakak + tanpa sadar ujan netes dipipi haha(lebeee)
    kayanya itu bukan 2004 dah tp 2009 , liat aj di jokernya

    BalasHapus
  2. hahaha, kangen yaaa? aku juga kangen bangeeet.
    iya pin, gw ngetiknya juga 2009. cuman emang fontnya kaya angka 4 gitu. hahaha
    sayang yaaa, ngga jadi pergi. padahal gw udah kangen banget. :"")

    BalasHapus
  3. kangeeeeeeeeen :*
    mau pergi ga jadi mulu

    BalasHapus